Screams For Inspiration

Recent

Selasa, 26 Mei 2015

Kelas Coniferae

 


    Coniferae merupak sebuah classis dari sebuah subdivisio spermatophyta. Salah satu tumbuhan yang biasa kita temui yaitu Pinus (Pinus merkusii).
       Ciri-ciri tumbuhan ini adalah sebagai berikut:
  1. Habitus: semak rendah, tetapi umumnya pohon, bentuk dapat sangat besar dan biasanya selalu berwarna hijau sepanjang tahun.
  2. Batang, struktur batang sama dengan dikotil. Kebanyakan dioecious tetapi banyak pula yang monoecious dan sedikit yang strobilinya biseksual.
  3. Daun bentuk jarum dan berkelompok atau serupa sisik, daun dan sisik tersusun spiral, sisik dan braktea lepas, tiap sisik dengan dua biji sayap.
  4. Strobilus, strobilus jantan dan betina umumnya dalam satu pohon, strobilus jantan lebih kecil dari strobilus betina (berkayu) dan terletak aksilaris, strobilus jantan umumnya terminal pada sirung pendek dengan banyak mikrosporofil bertangkai yang tersusun dalam suatu spiral. Strobilus betina umumnya aksilaris dengan banyak sisik-sisik penutup berbentuk spiral.
  5. Biji, berbentuk sayap pada setiap sisik stobilus. Penyerbukan dan penyebaran biji dengan bantuan angin, serbuk sari dengan dua gelembung udara, kotiledon banyak.
  6. Buah berbentuk kerucut.
   
Gambar: Strobilus Betina dan Strobilus JAntan
Gambar Pebedaan bakal perkecambahan
pada Strobilus Jantan dan Strobilus Betina
 Tumbuhan ini terdiri dari 9 marga dengan 215 spesies diseluruh dunia, salah satu contohnya Pinus merkusii.
    Pohon pinus banyak hidup di Eropa bagian pegunungan. Di Eropa tanaman pinus disebut juga dengan evergreen, artinya daunnya tetap hijau sepanjang masa. Tumbuhan dari ordo ini banyak dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya, batang pinus digunakan untuk bahan industri kertas dan korek api. sedangkan damar digunakan untuk minyak terpenting dan obat-obatan. Selain itu, beberapa spesies dari kelas ini dapat dijadikan tanaman hias.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com