Screams For Inspiration

Recent

Selasa, 26 Mei 2015

Kelas Ginkionae


   
 Ginkionae merupakan sebuah kelas tumbuhan dari subdivisio Gymnospermae, divisio spermatophyta. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan asli dari daratan Tiongkok. Tumbuhan ini diperkirakan telah tumbuh luas di zaman Mesozoikum dan tertier. Ciri-ciri tumbuhan ini adalah sebagai berikut:
  1. Habitus, pohon (berkayu).
  2. Batang, dapat tumbuh tinggi hingga 30-40 meter da lebar tajuknya 8 meter. batangnya memiliki diameter 3-4 meter. Batangnya lurus seperti tiang dan bercabang. Termasuk batang dikotom.
  3. Daun, bertangkai panjang berbentuk payung atau kipas, dengan tulang-tulang yang bercabang menggarpu. Daun berukuran 5-10 cm dan kadang-kadang sampai 15 cm. Selama musim semi daun berwarna hijau, dan berubah menjadi kuning emas saat gugur. Daun dari pohon ini berbentuk menarik dari pohon lainnya. bentuknya seperempat bundar, bagian ujungnya berliku-liku, selintas mirip kipas terbuka, seperti daun paku kelompok sulir. Daun gingko pun sulit basah kalau ditimpa air. Daun terbagi menjadi 2 lobus.
  4. Bunga, berbentuk karang. Gingko merupakan tumbuhan dioecious, yang memiliki bunga jantan dan betina pada pohon yang berbeda. Bunga jantan memiliki bunga yang tipis dan petal berwarna kekuningan yang terdapat pada ujung cabang. Sedangkan bunga betina lebih sederhana, berkelompok secara berpasangan, dan pada tangkai yang panjang terdapat 2 ovulum yang bebas. Serbuk sari dan bakal biji dihasilkan oleh individu yang berlainan.
  5. Buah, berbentuk bulat berwarna kuning. Buah diproduksi dalam jumlah yang banyak pada sebuah industri.
  6. Akar tunggang yang kuat.
Gambar: Morfologi Daun Ginkgo biloba

     Anggota kelompok ini hanya ada satu ordo yaitu Ginkioales dengan familia Ginkioaceae dan spesies yaitu Ginkgo biloba. Manfaat dan kegunaan Ginkgo biloba antara lain berfungsi sebagai antioksidan untuk menekan radikal bebas. Untuk meremajakan sel-sel otak yaitu dengan cara memulihkan reseptor-reseptor didalam otak serta meningkatkan serotonin. Mempunyai kemampuan untuk memperbaiki peredaran darah. Dapat memacu produksi molekul energi ATP (adenosine triphosphate). 
      Ketika musim penyerbukan tiba tanaman ini mengeluarkan bau yang kurang sedap dan dijauhi oleh manusia.

Ginkgo biloba Jantan

Ginkgo biloba Betina
Ginkgo biloba yang digunakan sebagai khasiat obat

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com