Screams For Inspiration

Recent

Selasa, 26 Mei 2015

Kelas Cycadinae

 
  Classis ini terdiri dari satu ordo, yaitu Cycadales, dengan satu suku, yaitu Cycadaceae. Kelompok tumbuhan ini mulai muncul di bumi diperkirakan menjelang akhir zaman Palaezoikum. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan berumah dua (ada tanaman jantan yang menghasilkan strobilus jantan, dan tanaman betina menghasilkan strobilus betina, pada tanaman yang berbeda). Ciri-ciri tumbuhan ini adalah sebagai berikut:
  1. Habitusnya menyerupai palma, seperti kelapa sawit, berkayu.
  2. Batang, berkayu, terdapat penebalan sekunder kadang-kadang disebabkan oleh beberapa kambium yang berbentuk lingkaran, tumbuhan tumbuh keatas (tegak), tidak atau sedikit bercabang.
  3. Daun, majemuk, pertulangan daun sejajar, daun lebar menyiirip ganda 2, roset batang, seperti berulang, tersebar dengan sisik berisi getah, ujung daun muda bercabang, tersusun sebagai tajuk di pucuk pohon.
  4. Bunga, terminal atau lateral, besar, berkelamin tunggal, telanjang. Bunga jantan berbentuk kerucut, benang sari banyak, menjari ke arah dorsal atau melebar dan meruncing bagian ujung dengan banyak trakea. Bunga betina banyak terbuka,, bagian bawah melebar dan dibagian ujung berbentuk perisai dengan 2-8 bakal biji lateral, 
  5. Biji besar dengan kotiledon dua (terdapat pada bunga betina).
  6. Akar, serabut.
Strobilus Jantan Pinus merkusii

Strobilus Betina Pinus merkusii

    Tumbuhan ini banyak tersebar di daerah tropis dan subtropis. Salah satu tumbuhan yang sangat kita kenal yaitu Pakis Haji (Cycas rumpii Miq). Pakis Haji empelurnya banyak mengandung amilum, kulit batang kayu, biji muda dan getahnya dapat dijadikan menjadi obat. Spesies lainnya Cycas siamensis Miq dijadikan sebagai tanaman hias. Cycas circinalis L. mengandung glikosida pakoein yang beracun.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com