Screams For Inspiration

Recent

Kamis, 20 November 2014

Puncak Mandeh, Wisata Terabaikan


Pesisir Selatan, Sumatera Barat merupakan daerah yang akan keidahan alamnya. Paparan hutan yang hijau, bentangan sawah yang luas, serta jamuan laut yang indah bercampur gunung-gunung kecil di tengah lautan bersatu padu membentuk satu keindahan yang luar biasa. Keindahan ini menjadikan Pesisir Selatan kaya akan potensi alamnya. Namun, sayangnya tidak semua daerah yang memiliki potensi wisata di pesisir selatan di garapi dengan baik. Sepertinya pemerintah setempat hanya memusatkan perhatian ke daerah pusat, yaitu Painan. Pemerintah hanya mengembangkan wisata Cerocok Painan serta Puncak langkisau. Padahal ada banyak daerah lain yang memiliki tempat-tempat wisata yang tidak kalahnya menariknya di bandingkan yang ada di Painan. Sebut saja di kecamatan pertama ketika kita memasuki daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Yaitu Kecamatan Koto XI Tarusan. Koto XI tarusan juga memiliki rempat-tempat wisata yang indah. Tepatnya di Kenagarian Ampang Pulai.

            Di Kenagarian Ampang Pulai (kenagariaan termiskin tahun 2013 se-Pesisir Selatan) ada banyak tempat-tempat wisata seperti Puncak Mandeh yang tidak kalah indahnya di bandingkan Puncak Langkisau, Batu Kalang yang paparan lautnya juga tidak kalah dengan laut yang ada di Painan dan Juga Muaro Tarusan yang memanjang dengan paparan pohon pinusnya yang menjulang tinggi serta tersusun rapi.

            Salah satu tempat terindah di Tarusan adalah Puncak Mandeh. Puncak mandeh memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dari atas ketinggian puncak mandeh kita bisa melihat indahnya lautan biru yang luas serta pulau-pulau kecil yang berada di tengahnya. Serta kita juga bisa melihat paparan gunung serta jalanan berliku menuju Mandeh yang tengah dalam proses pengerjaan. Kita juga bisa melihat perkampungan nelayan yang bak kotak-kotak kecil yang indah dari ketinggian.

            Di puncak mandeh banyak hal bisa kita lakukan, seperti berkemah, maraton atau hanya sekedar berfoto ria bersama keluarga dan teman-teman. Permukaan puncak mandeh yang datar dan luas bisa menampung sekitar 7-10 tenda kemah. Dalam perkemahan itu kita bisa menghirup udara pagi pergunungan yang segar. Serta melihat terbenamnya matahari dengan sangat indah.

            Jalanan puncak mandeh yang berliku sering di datangi para pesepeda gunung bersama klubnya. Biasanya mereka mendaki Puncak mandeh sampai puncak, bahkan ada yang sampai Mandeh .

            Tapi, sayangnya, jembatan satu-satunya yang menghubungkan kita dengan jalan menuju puncak mandeh dalam kondisi yang sangat buruk. Jembatan yang berlantaikan balok-balok kayu besar itu dalam keadaan rusak dan berlubang. Sudah beberapa tahun terakhir, jembatan itu semakin rusak. Hal itu di karenakan usianya yang sudah lama di tambah banyaknya mobil-mobil proyek yang melewati jalan itu untuk melakukan proyek pembuatan jalan dari puncak mandeh menuju Kota Padang. Tapi, belum diketahui kepastiaannya kemana jalan itu akan tembus. Hanya saja sekarang proyek itu sedang berjalan.





            Tampaknya kondisi jembatan yang rusak ini belum di tangapi serius oleh pemerintah setempat, sehingga untuk melintasi jembatan itu di perlukan keberaniaan yang besar dan apabila kita menggunakan sepeda motor yang berpenumpang, maka sebaiknya hanya satu orang yang berada di kendaraan serta yang lainnya bisa berjalan kaki.

            Alangkah baiknya jika pemerintah bisa melirik potensi Puncak Mandeh ini, serta mau memperbaiki jembatan tersebut. Padahal, banyak sekali pengunjung yang datang ke puncak mandeh. Apalagi di hari minggu, terlebih pada sore har. Pada sore hari akan banyak sekali orang yang mengunjungi puncak mandeh untuk melihat sunset dan ada juga yang maraton menuruni Puncak Mandeh.

            Jika saja, Puncak Mandeh di lirik maka keindahannya tidak akan kalah di bandingkan puncak langkisau.
 Seperti di Painan, puncak Langkisau yang berdekatan dengan Carocok painan. Maka jika di kembangkan, Kenagarian Ampang Pulai mempunyai empat cabang wisata keindahan, yaitu Puncak Mandeh untuk menikmati keindahan alam pegunungan, Carocok Tarusan yang akan mengasyikkan untuk memancing, Batu kalang yang sangat indah untuk pemandiaan, dan yang terakhir Muaro Tarusan yang membentang panjang dengan dilengkapi pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi di sekitarnya.


            Peran pemerintahlah yang sangat di harapkan untuk mengembangkan tempat wisata ini, sehingga masyarakat setempat juga dapat memperbaiki kehidupannya dan melepaskan gelar Kenagariaan Termiskin Sepesisir selatan dari Kenagariaan Ampang Pulai.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com